Pohon Ara Favorit Owa

owa -taman-satwa-tabanan-wildpark-tasta-tastazoo

Owa (gibbon) adalah sejenis kera kecil yang terkenal karena kepandaiannya berakrobatik dan bergerak dengan kedua tungkai. Owa (gibbon) tidak memiliki ekor dan memiliki tulang belikat yang bisa berputar ke segala arah. Bentuk tubuh yang kecil dan ramping yang mirip monyet, membuat owa sering dikira monyet kecil. Owa banyak ditemukan di alam liar di hutan hujan tropis dan subtropis Asia.

Pohon ara favorit owa, Owa paling suka mengambil makanan dari pohon salah satu ini, jenis pohon ara adalah berjenis pohon rao, salah satunya pohon buah ara. Tidak hanya buah matangnya saja , bagian seperti buah mentah, daun muda, batang, serangga yang ada di pohon buah ara, juga akan dilahap Owa. Dan pohon rao ini banyak dikawasan papua nugini.Dan di papua nugini ada mitos pohon ara,pohon favorit owa.

Keuntungan owa di hutan

meski primata ini telah dalam perlindungan hukum Indonesia sejak tahun 1925, faktanya populasi  gibbon atau lebih dikenal dengan nama Owa terus mengalami kemerosotan, bahkan sudah masuk daftar spesies yang terancam punah, karena habitat yang rusak.

Padahal keberadaan Owa justru menguntungkan, karena sebenarnya mereka ikut berperan dalam menyebarkan benih berbagai pohon di hutan, dengan kata lain ikut melestarikan hutan. Owa berayun-ayun dipepohonan memakan buah-buahan  sekaligus meyebarkan benih di hutan yang dilewati

Populasi owa

Jika pernah mengeksplorasi hutan hujan di pegunungan, seperti di Gunung Gede Pangrango, Gunung Slamet, Gunung Halimun, Gunung Prau, dan Taman Nasional Ujung Kulon, mungkin beruntung jika kita bisa bertemu hewan Owa. Soalnya mereka memang senang tinggal di area dataran rendah. Dengan kata lain, Owa senang dengan suhu yang lembap dan tempat yang minim cahaya matahari.

pohon-buah-ara-taman-satwa-tabanan-wildlife park-tasta-tasta zoo

Mitos pohon ara ,pohon favorit owa

Banyak mitos mengatakan pohon ara merupakan pohon keramat mengapa,karena pohon Ara disebutkan sebagai tanaman suci di berbagai agama. Dalam agama Budha, Sidharta mendapatkan pencerahan saat duduk sebuah pohon Bodhi atau bahasa lain dari Ara. Sedangkan di agama hindu, tumbuhan ini disebut dengan pohon dunia yang akar-akarnya menjulang menjadi sumber dari sungai Saraswati.

Di agama Kristen dan Yahudi, Ara disebutkan sebagai salah satu pohon yang namanya diabadikan di alkitab ibrani dan perjanjian lama di Kristen. Sedangkan dalam agama islam, nama pohon ini diabadikan dalam salah satu surat Al-Quran bernama At-Tin yang mempunyai arti pohon ara. Hampir semua agama mayoritas menyinggung nama Ara.sebagai pohon legenda dan mitos.

baca juga; lauri si burung cinta

Seberapa cepatkah owa?

Gerak Owa Jawa saat berpindah dari satu batang ke batang lainnya termasuk cepat. Hampir setara dengan kecepatan manusia berlari yaitu 56 km/ jam. Yang bikin tambah kagum, sekali melompat Owa bisa mencapai 15 meter. Kehebatannya diperoleh karena Owa memiliki lengan yang panjang dan kuat. Bahu serta pergelangan tangannya juga fleksibel berputar saat sedang bergantung pada pohon 

Apakah benar owa selalu tergantung pada kawanan?

Salah satu alasan mengapa Owa menjadi hewan yang tergantung pada kawanan karena habitatnya yang terancam punah,karena Owa hanya setia hanya pada satu pasangan seumur hidupnya, alias punya sifat monogami. Bila satu saja anggota keluarga Owa yang diambil paksa, dijauhkan dari keluarganya, atau mungkin mati, maka anggota yang lain bisa stres, bahkan hingga menyebabkan kematian. Ini yang menyebabkan sulitnya populasi Owa di habitatnya yang  meningkat secara drastis.
Web visited today: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chinese (Simplified)EnglishFrenchIndonesianJapanese